Rabu, 13 Juni 2012

Diagram Status Proses

Diposting oleh Silvia Marlina di 09.37


Input :
1. New, yaitu status yang dimiliki pada saat proses baru saja dibuat
2. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
3. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
4. Waiting, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas,
Status yang dimiliki pada saat proses menunggu suatu sebuah event seperti proses I/O.

Proses :
a. Pertama dari New ke Ready
Setelah status di buat , status akan memasuki proses ready untuk siap memasuki proses selanjutnya.

b.Ready ke running
Pada saat memilih proses untuk dioperasikan, sistem operasi memilih salah satu proses yang berada didalam keadaan ready.

c.Running ke waiting
Suatu proses ditaruh dalam keadaan waiting apabila proses itu meminta sesuatu yang akan menyebabkannya harus menunggu. Sebuah request ke sistem operasi umumnya merupakan bentuk panggilan layanan sistem (panggilan dari program yang sedang beroperasi ke prosedur yang sedang beroperasi ke prosedur yang merupakan bagian kode sistem operasi) misalnya sebuah proses dapat meminta suatu layanan dari sistem operasi yang tidak dapat siap dilakukan sistem opersi dengan segera.

Atau proses dapat menginisiasi suatu aksi, misalnya operasi I/O, yang harus diselesaikan sebelum proses itu melanjutkan operasinya. Pada saat proses saling berkomunikasi dengan proses lainnya, suatu proses dapat diblokir apabila sedang menunggu proses lainnya untuk menyediakan input atau sedang menunggu pesan dari proses lainnya.

d.Running ke ready
Umumnya alasan transisi ini adalah dimana proses yang sedang berjalan telah mencapai waktu maksimum yang diizinkan bagi instruksi yang tidak diinterupsi.
Terdapat beberapa alasan lainnya yang menyebabkan transisi ini, yang tidak diimplementasikan disetiap sistem operasi. Misalnya apabila sistem operasi meng-assign tingkat prioritas yang berbeda pada proses yang berlainan, suatu proses dapat diambil lebih dulu.

e.Waiting ke ready
Apabila proses dalam keadaan waiting sudah selesai mendapatkan sumber daya, seperti file atau bagian virtual memori bagi pakai atau juga sudah selesai setelah menunggu proses lainnya untuk menyediakan input atau sudah selesai menunggu pesan lainnya.

f.Runing ke finish(terminated)
proses yang sedang berjalan dihentikan oleh SO pabila proses itu telah selesai atau dibatalkan. Hal ini terjadi karena apabila proses induknya sendiri telah berhenti.


Output :
Terminated, Status yang dimiliki pada saat proses telah selesai dieksekusi.

4 komentar:

Posting Komentar

 

Silvia Marlina Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea